Tuesday, August 9, 2011

Tips Mengevaluasi Kinerja Penjualan

Dalam memasarkan produk memberikan target penjualan barang atau jasa merupakan langkah yang penting. Tidak hanya memberikan motivasi untuk bertindak target penjualan juga menjadi pedoman dan evaluasi kinerja staff penjualan. Jika belum maksimal bisa dibenahi untuk mencapai target penjualan yang telah digariskan. Memang tidak ada aturan baku dalam menetapkan target penjualan. Target penjualan bisa disesuaikan dengan kondisi anda, keuangan, ketarampilan tenaga penjualan dan lain sebagainya.

Siklus Penjualan

Di dalam proses penjualan barang dan jasa, selalu melalui siklus penjualan yang selalu berulang. Dalam setiap bisnis mungkin siklusnya berbeda namun secara garis besar siklus penjualan dapat digambarkan sebagai berikut:
  • Pendahuluan atau menghubungi calon pembeli/pelanggan
  • Pendekatan dan pembicaraan
  • Membuat Janji
  • Demonstrasi produk
  • Mengajukan proposal/penawaran
  • Penjualan tertutup
Meskipun siklus perusahaan Anda mungkin memiliki langkah yang berbeda dari contoh di atas,namun anda dapat menggunakannya sebagai dasar untuk menciptakan target penjualan dan mengevaluasi kinerja pemasaran.

Menetapkan Target Penjualan

Tuliskan apa yang Anda pikirkan mengenai siklus penjualan Anda. Berbicaralah kepada semua staff dalam dengan berulang-ulang untuk melihat apakah pemikiran Anda sesuai cara pandang orang lain dalam melihat siklus penjualan.
Tetapkan frekuensi berapa kali misalnya staff penjualan menghubungi calon pembeli dalam satu bulan, berapa kali mengadakan pertemuan dan seterusnya hingga akhirnya berapa yang berakhir dengan transaksi yang menguntungkan.
Setelah ini berjalan beberapa minggu/bulan dapat dievaluasi masing-masing kinerja staff pemasaran. Setelah itu bisa dicari jalan keluar bagaimana meningkatkan kinerja bidang pemasaran.(Galeriukm).

Sumber:
http://www.entrepreneur.com/article/217384

0 comments:

Post a Comment

 
hostgator coupon code