Wednesday, August 3, 2011

Peran Strategis Teknologi IT Bagi Pengembangan UKM

Bisnis Usaha Kecil dan Menengah seringkali mengalami ketertinggalan dalam mengadopsi Teknologi Informasi di dalam bisnisnya. Perusahaan-perusahaan besar senantiasa memiliki kepedulian terhadap penggunaan teknologi baru untuk menunjang bisnisnya. Ada beberapa pemikiran mengapa Usaha kecil dan Menengah (UKM) belum mengadopsi Teknologi IT (Information echnology), antara lain belum merasa butuh, biaya tinggi, rumit sampai masalah ketidaktahuan mengenai teknologi itu sendiri.

Pada dasarnya IT berfungsi untuk memudahkan pemakainya entah dalam bidang apapun termasuk bisnis usaha kecil dan menengah. Maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menghilangkan anggapan bahwa IT adalah sesuatu yang rumit dan mahal, sebaliknya cobalah untuk berpikir bahwa IT justru merupakan suatu alat yang dapat menjadi kepanjangan tangan kita dalam menjalankan usaha.
Fakta pemanfaatan TI seluruh dunia telah merambah dalam berbagai bidang, apabila kita ragu untuk menggunakannya akan sulit bagi kita untuk mengikuti percepatan jaman.
Untuk memenangkan persaingan, UKM juga harus berkembang sesuai dengan jaman. Bekerja dengan bantuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat mendongkrak kinerja sehingga menjadi lebih efektif dan efisien. Jadi meskipun ada sedikit perbedaan cost dengan sistem tradisional, UKM dapat menikmati fasilitas dari ICT yang akan memberikan return yang sepadan.
Teknologi Informasi yang dibutuhkan oleh UKM tidak saja yang berhubungan dengan produksi atau pemberian jasa. Tetapi juga dalam operasional perusahaan sehari-hari. Perkembangan dunia teknologi sangat cepat, apabila kita tidak mampu mengikutinya maka perusahaan akan sangat jauh ketinggalan. Melakukan segala sesuatunya secara manual akan sangat merepotkan bagi pengusaha dan akan menghambat proses produksi serta pemasaran perusahaan.
Apabila perusahaan kita memang tidak bisa untuk membeli perangkat teknologi, termasuk software, pada saat ini bahkan telah banyak yang menyediakan software free access. Beberapa dapat diakses di internet dan bisa di download dengan mudah untuk kemudian diaplikasikan pada operasional usaha.
Jadi, para pengusaha UKM pada saat ini bahkan sudah dapat mengurangi kekhawatirannya terhadap kenaikan cost yang terjadi apabila perusahaannya menerapkan ICT yang tepat. Sebaliknya, kegiatan produksi dapat menjadi sangat efektif dan dengan sendirinya akan meningkatkan kualitas perusahaan pengguna.
Dengan IT kita akan lebih siap untuk bersaing tidak hanya di dalam negeri tetapi juga dengan produk-produk luar negeri. Kita dapat bersaing dari segi kualitas, pengemasan, pemasaran dan kecepatan operasi perusahaan.
Sebenarnya produk UKM dalam negeri banyak yang memiliki kualitas sama bagusnya dengan produk luar, atau bahkan lebih baik lagi. Namun produk luar seringkali unggul dalam teknologi, baik dalam teknologi produksi, pengemasan maupun pemasarannya. Padahal di negara kita yang kaya akan sumberdaya alam kita mempunyai banyak kesempatan untuk memasarkan berbagai produk yang tidak kalah beragamnya dengan negara lain. Bayangkan apabila sumberdaya ini diolah dengan teknologi yang tepat tentu akan menjadi sumber devisa yang sangat menggiurkan.
Para pengusaha UKM harus mau berkreasi kreatif dengan produknya supaya mampu menarik perhatian konsumen. Ingatlah bahwa sebagian besar konsumen pertama akan melihat kemasan produk kita pada saat mereka memilih. Kualitas produk juga memerankan peranan yang sangat penting selain kemasan, namun pada jaman sekarang ini bukanlah saat yang tepat untuk hanya memilki kualitas yang baik. Pada saat ini, produknya harus memiliki keduanya. Kualitas yang baik dan juga kemasan yang menarik.
Internet dapat membantu mengemas produk UKM sehingga terlihat menarik bagi para calon pembelinya. Pada jaman pasar global seperti saat ini kita dapat menfaatkan jasa toko online untuk terjun lebih dalam pada persaingan pasar dengan produk luar. Kita boleh mencontoh gaya promosi produk-produk saingan dari luar sudah banyak yang membanjiri situs-situs internet . Bayangkan berapa juta konsumen di seluruh dunia yang dapat kita jangkau apabila kita menggunakan toko online, kemudian bandingkan dengan cara pemasaran tradisional.
Apabila kita masih tidak mempunyai keterampilan atau pun untuk membuat, mengolah serta memutakhirkan sendiri situs toko online, saat ini sudah banyak tersedia langganan keanggotaan toko on-line yang dapat dimanfaatkan. Hanya beberapa menit setelah mendaftar, pengguna akan mendapatkan panduan yang terotomatisasi (wizard) untuk mendapatkan online store-nya. Bahkan ada beberapa yang tidak menarik biaya pendaftaran dan hanya dan menarik biaya berlangganan yang relatif murah.
Ada berbagai macam perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi yang bisa dimanfaatkan oleh UKM. Seperti telah disebutkan di atas, untuk menghindari penghamburan biaya untuk perangkat-perangkat yang tidak krusial sebaiknya manajemen UKM yang memilih untuk menggunakan IT harus pandai-pandai memilih mana yang dapat membantu oprasional perusahaan secara optimal.

Sumber:
www.freewebs.com/papermti/Makalah%20Soal%201.doc

0 comments:

Post a Comment

 
hostgator coupon code