Tuesday, August 9, 2011

Bagaimana Membuat Rencana Pemasaran?

Perusahaan yang sukses dalam pemasaran selalu mulai dengan sebuah rencana pemasaran. Perusahaan-perusahaan besar memiliki rencana pemasaran dengan jumlah hingga ratusan halaman. Jika perusahaan besar menyusun rencana pemasaran sedemikian sungguh-sungguh, bagi usaha kecilpun perlu membuat rencana pemasaran secara sungguh-sungguh pula.Rencana pemasaran harus didokumentasikan dalam bentuk tertulis, selanjutnya lihat setidaknya kuartalan dokumen tersebut, tetapi lebih baik lagi bulanan. Hal ini bermanfaat untuk melacak kinerja pemasaran anda.
Rencana pemasaran tersebut harus mencakup untuk satu tahun. Penting untuk difikirkan hal-hal apa saja yang berubah, perkembangan pasar perkembang, pelanggan yang datang dan pergi.
Selain itu rencana pemasaran juga membahas masa depan jangka menengah – dua sampai empat tahun perjalan. Namun sebagian besar rencana Anda harus fokus pada tahun mendatang.
Mungkin anda harus menyempatkan diri beberapa bulan untuk menulis rencana tersebut, meski itu hanya beberapa halaman panjangnya. Mengembangkan rencana adalah beban berat pemasaran. Sementara melaksanakan rencana tersebut memiliki tantangan tersendiri, memutuskan apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya adalah tantangan pemasaran terbesar.

Evaluasi Rencana Pemasaran

Siapa yang harus melihat rencana Anda? Semua orang dalam perusahaan. Perusahaan biasanya menyimpan rencana pemasaran mereka.Namun sebenarnya semua orang yang terlibat dalam perusahaan perlu untuk melihat dan mengevaluasi bersama rencana pemasaran.Anda tidak dapat melakukan rencana pemasaran tanpa banyak orang yang terlibat
Adalah sangat penting mendapatkan umpan balik dari semua bagian dari perusahaan Anda: keuangan, manufaktur, personil, suplai dan seterusnya – selain pemasaran itu sendiri.
Hal ini sangat penting karena akan mengambil semua aspek dari perusahaan anda untuk membuat rencana pemasaran. Orang-orang kunci Anda dapat memberikan masukan yang realistis pada apa yang dicapai dan bagaimana tujuan Anda dapat tercapai, dan mereka bisa berbagi wawasan mereka pada potensi apapun, peluang pemasaran yang belum-belum direalisasi, menambahkan dimensi lain untuk rencana Anda.

Rencana Pemasaran Dan Visi Perusahaan

Apa hubungan antara rencana pemasaran Anda dan rencana bisnis Anda atau visi? Rencana bisnis Anda menguraikan apa bisnis Anda adalah tentang – apa yang Anda lakukan dan tidak lakukan, dan apa tujuan akhir Anda. Ini meliputi lebih dari pemasaran, melainkan dapat mencakup diskusi lokasi, kepegawaian, pembiayaan, aliansi strategis dan sebagainya.
Ini mencakup “visi,” kata-kata gemilang yang menguraikan tujuan mulia perusahaan Anda . Rencana bisnis Anda adalah pedoman dari bisnis Anda: Jika Anda ingin melakukan sesuatu yang di luar rencana bisnis, Anda perlu berubah pikiran atau mengubah rencana. Rencana bisnis perusahaan Anda menyediakan lingkungan di mana rencana pemasaran Anda harus berkembang.


Sumber
http://www.entrepreneur.com/marketing/marketingbasics/marketingplan/article43018.html

0 comments:

Post a Comment

 
hostgator coupon code