Wednesday, July 27, 2011

Menengok Rahasia Di Balik Sukses Bisnis Toko Online

Bisnis toko online menjadi cara bisnis yang semakin menjamur di Indonesia. Selain dipandang menjadi cara yang efektif dan murah dalam berbisnis juga dianggap mudah dalam operasionalnya. Namun tidak jarang banyak yang menemui kegagalan di dalamnya. Apa sesungguhnya yang menjadi kunci sukses dalam mengelola binis toko online? Salah satu pionir dalam bisnis toko online di Indonesia adalah Bhinneka.com. Perjalanan bisnisnya cukup panjang dan berliku, namun bisa dijadikan isnpirasi bagi pelaku usaha utamanya pengelola toko online.

Lahirnya bhinneka.com merupakan efek dari krisi moneter yang melanda Indonesia tahun 1999. Bisnis offline yang dikelola turut terkena imbasnya, sehingga memaksa untuk mempertahankan bisnis dengan membuka toko online. Alasannya adalah karena membuka toko online relatif mudah. Maka semenjak itu web perusahaan dirombak menjadi lapak dagangan tempat memajang produk-produk IT.
Fokus Pada satu layanan tertentu
Pada saat kelahiran Bhinneka.com bisnis dunia Internet memang sedang menjamur. Banyak pelaku bisnis yang mengelola situs sebagai toko online  maupun campur layanan lainnya. Namun pada umumnya mereka tidak fokus pada satu layanan terntentu misalnya, berita, email, e-comerce. Alih-alih berharap keuntungan berlimpah dari banyak layanan ini, namun justru tidak bisa survive karena kurang fokus.  Inilah yang membedakannya dengan Bhinneka. Bisnis online Bhinneka berfokus pada e-comerce yang menjual produk-produk TI.
Iklan dan pencitraan
Meski bisnis onlinenya cukup spesifik dan eksis namun bukan berarti bisnis bhinneka melaju pesat, jika ditinjau dari aliran kas yang masuk dari toko online.  Berbagai kendala juga dihadapi ,salah satunya adalah perubahan mindset dalam berbisnis. Jika dulu yang dihadapi adalah pelanggan peritel, maka pada saat memasuki bisnis toko online yang dihadapi adalah end user.
Upaya untuk mempopulerkan bisnis online telah dilakukan salah satunya dengan memasang iklan satu halaman penuh di media massa. Meski itu belummembuat penjualan bisnis bhinneka melesat, namun memiliki nilai positif berupa pencitraan (branding) yang meningkatkan kepercayaan pelanggan.
Didukung Toko Offline
Pendapatan Bhinneka mulai naik pada saat membuka toko offline di Mangga Dua. Melihat hal tersebut akhirnya dibukalah beberapa cabang toko offline bhinneka. Angka transaksi belanja online hanya menyumbang sekitar 5% saja sedangkan sisanya belanja pada toko offline.
Inovasi pada Toko Online
Meki toko online hanya menyumbang sedikit saja dari sisi transaksi namun toko online memberi andil yang cukup besar dalam pencitraan. Karena itulah inovasi pada toko online bhinneka terus dilakukan . Salah satunya mekanisme tawar menawar online. Hal ini disesuaikan dengan karakteristik pembeli di Indonesia yang suka menawar. Selain itu harga yang dipajang pada toko online bhinneka dipatok dengan harga yang lebih tinggi dati toko. Dengan mekanisme tawar menawar ini diharapkan mampu menaikkan transaksi pada toko online.
Mengelola bisnis toko online memang bisa dibilang gampang-gampang susah, mudah untuk setup namun cukup sulit dalam membangun kepercayaan dan citra. Namun agar sukses dalam bisnis kuncinya adalah sikap Konsisten pada satu hal, Passion , gratefull(bersyukur) dan didukung SDM yang baik serta memiliki Visi yang bagus. Itulah yang dinasehatkan Hendrik Tio (CEO Bhinneka).
 
Sumber:
Info Komputer, Januari 2011

1 comments:

wsc bioli obat pelangsing said...

jadikan visi,misi yang imajinatip

Post a Comment

 
hostgator coupon code